Inilah 10 Langkah Praktis Belajar SEO Untuk Pemula

Inilah 10 Langkah Praktis Belajar SEO Untuk Pemula

linktofollow.com – Sebagai salah satu cara menaikkan halaman situs di Google, teknik SEO telah dilirik oleh banyak internet marketer. Dengan menggunakan berbagai teknik SEO yang ada, para internet marketer ini sudah membuktikan keefektifan dan hasil yang diperoleh. Bagaimana dengan pemula yang mau belajar teknik ini? Apakah memungkinkan? Tentu saja. Hanya saja mungkin hasil yang diharapkan tidak secepat para mastah internet marketer yang ada. Namun, tidak perlu berkecil hati karena segala sesuatu berproses. Silakan disimak langkah-langkah belajar SEO untuk kamu yang pemula:

  1. Pengaturan

Di tahap ini, kamu harus mempelajari fondasi dasar SEO berupa Google Analytic, Google Adwords, dan Google Webmaster Tools. Ketiga tools ini harus dipelajari tersendiri sehingga kamu bisa menetapkan strategi SEO yang efektif untuk halaman situsmu. Jika ketiga tools itu sudah kamu kuasai, maka kamu sudah memiliki fondasi dasar yang kokoh sehingga strategi SEO mu akan lebih tepat dan terarah.

  1. Audit situs

Lakukan audit situs untuk situs web yang akan kamu SEOkan. Gunanya adalah untuk menghindari pinalti dari Google untuk situs-situs yang mencurigakan menurut algoritma mesin pencarinya. Kamu bisa menggunakan Moz site audit checklist yang bisa diandalkan untuk memeriksa konten dan aksesibilitas situs dan link internal. Atau gunakan Woorank untuk memeriksa dan menganalisa item pada checklist Moz.

  1. Dengan atau tanpa www

Pilih salah satu, dengan atau tanpa www untuk menentukan pengetikan pada saat pencarian domainmu. Jika kamu menggunakan keduanya, Google akan menganggap situsmu sebagai dua lokasi yang terpisah sehingga akan mempengaruhi peringkat dan kualitas link situsmu.

  1. Riset keyword

Riset ini dibutuhkan karena merupakan bagian penting dari SEO. Ada milyaran keyword sehingga kamu harus melakukan riset sebelum memutuskan keyword apa yang mau kamu tampilkan untuk dioptimasi. Kamu bisa menggunakan Google Adwords Keyword Planner, Google Suggest, Google Trends sebagai salah satu tool untuk melakukan riset keyword.

  1. Navigasi

Navigasi menjadi penting bagi strategi SEO agar pengunjung dapat dengan cepat menjelajahi situsmu dan mempermudah mesin pencari menemukan hubungan yang jelas antara link dan halaman. Untuk mendapatkan tujuan ini, kamu perlu membangun navigasi universal salah satunya dengan mengidentifikasi alasan pengunjung datang dan kata kunci pencarian yang digunakan. Buat kategori produk dan tempatkan filter untuk mempersempit pencarian pengunjung.

  1. Konten on page

Gunakan konten berkualitas yang bernilai dengan menargetkan satu frase keyword per halaman.

Untuk setiap halaman, harus memiliki pengaturan dan judul yang berbeda.

  1. Meta tags

Meta tags dipahami sebagai keterbatasan karakter string untuk membujuk pengunjung mengklik hasil di antara jutaan lain yang available. Dengan memahami meta tags, berarti kamu telah berpikir menggunakan mata pengguna mesin pencari. Dibutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang agar situsmu bisa meningkat tajam dengan meta tags ini.

  1. txt

Ini merupakan sebuah file teks yang memprotect halaman yang tidak ingin dimasuki oleh robot pencari. Walaupun kode ini tidak wajib, tapi pastikan file ini tetap ada di direktori utama situsmu dan terstruktur secara tepat.

  1. Sitemap

Langkah selanjutnya adalah membuat situsmu terindeks oleh search engine dan direktori seperti DMOZ agar mendapat jumlah maksimum trafik dan visibilitas. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membuat sitemap. Sitemap HTML mengarahkan pengunjung untuk menavigasi dengan cepat situsmu. Sedangkan sitemap XML yang dibaca oleh mesin pencari akan memastikan halaman yang paling relevan dari situsmu untuk ditampilkan.

  1. Off page

Langkah ini berkaitan dengan membuat link di luar halaman seperti pemasaran konten, blogwalking dan sekaligus guestblogging, infographics dan alat-alat lain untuk membuat jejak online mengarah kembali ke situsmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan promo di media sosial untuk menarik trafik ke situsmu. Gunakan trust agar promo yang kamu bangun bersifat permanen.

 

 

Sharing is caring!